Minggu, 03 Agustus 2014

Yuk Kuliah Gratis




Assalamualaikum wr. Wb

Semoga sahabat dalam kondisi sehat walafiat saat membaca postingan saya. Kali ini saya mungkin akan sedikit bercerita dan berbagi pengalaman saya, terutama mengenai tempat terindah yang pernah saya temui saat ini.  Tempat saya menimba ilmu, mengumpulkan secercah cahaya untuk kesuksesan saya kelak sekaligus tempat saya melaksanakan Ukhuwah Islamiyah. Ya, kampus tercinta saya “Bogor EduCARE”. Kampus ini telah memberikan beribu warna dalam kehidupan saya. Suka maupun duka saya alami disini. Dan hal yang mungkin tidak akan pernah saya lupakan dari kampus ini adalah makna keluarga, sahabat dan teman. Sebelumnya supaya tidak penasaran dan bertanya-tanya saya akan memperkenalkan kampus tercinta saya ini terlebih dahulu.

Bogor EduCARE atau disingkat BEC adalah lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Peduli Pendidikan Mandiri. Kampus bernuansa hijau yang berlokasi di Jl. Cikiray Rt.03 Rw. 06 Sukaraja Bogor ini, berdiri atas keprihatinan Bapak Achmad Kalla (adeknya Bapak Yusuf Kalla loh) mengenai kualitas karyawan diberbagai perusahaan yang kurang memiliki kemampuan bahasa Inggris dan komputer, nah oleh karena itu munculah sebuah gagasan untuk menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris dan komputer. Nah, sasaran dari program ini ditujukan kepada lulusan SMU/sederajat yang kurang mampu dalam hal biaya tapi punya kemauan besar untuk menambah pengetahuan. Duh mulia banget kan misi kampus ini.

Peresmian sekaligus orientasi mahasiswa angkatan pertama dilaksanakan pada 09 Agustus 2001 yang berlangsung dengan meriah walaupun ya masih dengan fasilitas yang terbatas dan seadanya. Sampai saat ini mahasiswa yang sedang aktif belajar adalah angkatan ke 17 sebanyak 178 mahasiswa (termasuk saya sendiri loh).

Sementara itu waktu yang harus ditempuh oleh mahasiswa Bogor EduCARE adalah 1 (satu) tahun dimana dibagi dalam 3 (tiga) catur wulan untuk menyelesaikan teorinya. Setelah itu mahasiswa Bogor EduCARE ini diwajibkan melaksanakan Praktek Industri yang waktunya diluar dari 3 (tiga) catur wulan itu. Oya perkuliahan sendiri dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat, pukul 08:00-16:00 WIB.

Untuk kurikulum sendiri pada dasarnya kampus ini terdiri dari 4 (empat) bagian utama yaitu: Bahasa Inggris, Komputer, Peningkatan sikap mental yang positif dan Administrasi.

Ada pula kegiatan yang diberi nama Energizing Class yang dilaksanakan setiap hari Jumat atau biasa kita menyebutnya kegiatan Ekstrakurikuler. Dimana tujuannya agar mahasiswa tidak merasa jenuh dalam menjalankan proses belajar di Bogor EduCARE ini yang tentunya sangat padat sekali. Diantaranya terdapat ekstrakurikuler PA (Pecinta Al-Quran), Kompos, Typing, Tenis Meja, Futsal serta Paduan Suara, (kalau saya sih alhamdulilah ikut Pecinta Al-Quran).

Oya balik lagi ke laptop deh, kampus bernuansa hijau ini pastinya selalu bikin mahasiswa terutama para ceweknya betah banget lama-lama ada di kampus. Pokonya nyaman deh, sejuk bingit. Bahkan saya sendiri pas awal masuk Bogor EduCARE karena saya termasuk orang narsis maka hal yang saya lakukan adalah take foto sebanyak-banyaknya. Sampe tiduran di taman rumput BEC (maklumlah mahasiswa baru), jangan dicontoh yah.


Oya meskipun waktu perkuliahan BEC cukup padat sekitar 8 jam lah seharian kita di kampus tapi kalau semuanya dijalanin sama hati yang ikhlas, insyaallah semuanya lancar dan bakal bermanfaat buat kedepannya. Ya ampun hampir lupa sebelumnya motivasi saya masuk Bogor EduCARE adalah pertama karena emang udah cita-cita pengen banget yang namanya kuliah, jadi mahasiswa gitu kaya di tipi tipi tapi ya emang kondisi ekonomi yang ga memungkinkan untuk kuliah akhirnya lampu hijau Allah berikan untuk saya mengenyam ilmu secara gratis 100% di Bogor EduCARE ini. Kedua ya karena pengen bahagiain orang tua terutama dan keluarga kalau bahasa arab mah “Birul Walidain”, yups anak mana sih di dunia ini yang ga pengen bahagian orangtuanya. Apalagi saya sendiri termasuk anak yang masih manja banget sama orang tua, tiap hari pasti pengen selalu cium pipi dan kening mamah saya (manja banget kan). Dan yang terakhir insyallah saya mau sukses dengan ilmu yang saya timba sekarang di Bogor EduCARE ini. Kelak jika suatu saat nanti saya telah menikah , saya tidak ingin berpangku tangan saja di rumah. Saya ingin membantu keluarga baru saya kelak, menjadi seorang Ibu yang multitalenta (amien) tapi tetep jadi istri yang sholehah yah sahabat tau batasan-batasannya. (amien semoga doa kita senantiasa didengar Allah SWT).

Selain ilmu dunia, ilmu agama juga merupakan hal yang penting disini. Insyaallah semua anak Bogor EduCARE mah baik-baik dan sholeh sholihah (amien). Dengan diterapkannya disiplin ibadah dengan solat berjamaah juga qultum dan siraman rohani setiap harinya, bada solat dzuhur. Juga pembacaan Asmaul Husna setiap pagi dilanjutkan dengan tadarus Al Quran di setiap masing-masing kelasnya. Jadi ga hanya pinter ilmu dunia tapi diseimbangin sama ilmu akhiratnya juga (amien).

Intinya buat kalian yang kebetulan baca postingan saya ini, entah iseng, salah klik atau gimana, saya cuma mau bilang, “Yuk kuliah di Bogor EduCARE, insyallah ilmu yang didapat berkah dan bermanfaat (amien).

Salam manis admin selalu :-D

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates